Ilyas Seorang pemuda yang menyukai dunia blogging, dan internet marketing.

Social Media Marketing Strategi Yang Tepat Sasaran

3 min read

Social Media Marketing Strategi

Social Media Marketing adalah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada Social Media Network (jaringan media sosial) seperti Facebook, Twitter, Digg, Web 2.0, social bookmarking, dan lain-lain.

Praktik pemasaran online melalui social media disebut dengan Social Media Marketing (pemasaran media sosial).

Facebook, twitter, dan beberapa media social lainnya saat ini sangat berpengaruh sekali terhadap bisnis atau merek dari suatu perusahaan, mereka dapat menyentuh, melakukan engagement, berkomunikasi langsung 2 arah anatar konsumen dan perusahaan hanya melalui media social ini.

Ingat! pemasaran pada abad ini sudah mulai mengarah ke pemasaran horizontal, artinya keputusan konsumen dalam memutuskan untuk memilih atau membeli suatu produk adalah berdasarkan testimoni dan pendapat dari komunitas yang kuat, tanpa ada manajemen yang mahir akan sulit sekali mengelola social media ini, karena dengan adanya social media ini perusahaan dapat mengkomunikasikan bahkan mengajak mereka menjadi raving fans dari produk Anda.

Mengembangkan kehadiran dan eksistensi situs web Anda pada jaringan social media seperti Facebook dan Twitter menjadi suatu keharusan bagi bisnis Anda.

Social media merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi, dan mendengarkan pendapat pelanggan tentang bisnis Anda.

Situs social media juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di search engine, dan mendatangkan jumlah kunjungan yang signifikan dan berkualitas ke situs web Anda.

Platform social media akan terus berkembang, maka keberadaan, visibilitas, dan eksistensi situs web Anda dalam jaringan social media menjadi mutlak.

Saya akan membantu anda secara efektif menggunakan jejaring social media sebagai sarana promosi dan pengembangan bisnis online Anda.

Pentingnya Social Media Marketing Bagi Bisnis Anda

pentingnya social media marketing bagi bisnis anda

Berikut adalah beberapa langkah yang diperlukan untuk menciptakan dan mengimplementasikan strategi optimasi social media marketing yang efektif:

1. Customer Engagement

Pengunjung situs web Anda akan mempunyai keinginan lebih untuk melakukan pembelian jika Anda mampu secara pribadi terlibat dengan mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Social Branding

Pelanggan potensial Anda melihat dan menganggap perusahaan Anda berbeda dengan perusahaan lain yang tidak pernah mereka kenal sama sekali.

Social branding juga berguna untuk mengenalkan dan membuat para calon konsumen mengenal dengan produk yang anda jual.

3. Improve Your SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara yang dilakukan agar website anda bisa naik ke halaman pertama pencarian Google dengan kata kunci / keyword tertentu.

SEO berguna sebagai media promosi gratis dari Google, tujuan nya adalah jika website anda naik ke halaman pertama maka trafik yang akan anda dapatkan semakin besar dan penjualan anda diharapkan juga dapat naik.

Kemampuan viral dari media social bookmarking memungkinkan situs web Anda untuk mendapatkan incoming link yang berkualitas, dan peningkatan jumlah kunjungan ke situs web Anda

4. Get Instant Feedback

Rencana peluncuran akan produk baru atau jasa? Dapatkan komentar dan pendapat dari pelanggan Anda secara instan di situs media sosial.

5. Market Research

Dapatkan data riset pasar tentang pelanggan potensial untuk membangun strategi yang diperlukan untuk mendapatkan perhatian mereka.

Market Research ini seharus nya anda lakukan sebelum anda menjual produk, karena hal ini sangat bergantung pada keberlangsungan usaha anda.

Setidak nya tentukan dahulu siapa target anda, pasar mana yang ingin anda tuju, dan hal hal yang lainnya.

6. Monitor Your Brand

Memonitor pendapat tentang merek Anda and pesaing Anda, dan berkomunikasi secara langsung (real-time) untuk meningkatkan reputasi perusahaan Anda.
 

Konsep Social Media Marketing Yang Benar

konsep social media marketing

Lalu bagaimana Konsep keberhasilan Social Media Marketing yang baik dan benar?

Banyak perusahaan gagal memanfaatkan media sosial untuk pemasaran karena dijalankan secara terpusat oleh bagian pemasaran, tanpa melibatkan pihak lain.

Sebaliknya, perusahaan yang berhasil di media ini karena sebelum masuk ke media sosial menjual gagasannya terlebih dulu ke perusahaan, dan melibatkan berbagai pihak. Yakni:

1. Senior Management

Tanpa dukungan senior management (VP atau GM), strategi marketing apapun akan berhenti di tengah jalan. Sayangnya, karena masih dianggap sebelah mata, senior management perusahaan besar enggan bersentuhan dengan strategi media sosial.

Semuanya diserahkan ke level manager. Akibatnya, bukan hanya budget yang dialokasikan lebih kecil, perhatian senior manager dan direksi terhadap dampak pemasarannya juga nyaris tidak ada.

2. Marketing

Jelas, divisi pemasaran harus terlibat di strategi social media. Yang ini tidak perlu saya jelaskan lagi.

3. Public Relations

Ini yang seringkali diabaikan oleh divisi marketing. PR justru punya peran penting di media social karena kemampuan komunikasinya yang tidak serta merta menjual. Social media adalah percakapan.

Divisi marketing tidak biasa bercakap-cakap langsung dengan konsumen. Demikian juga PR. Meski demikian, pendekatan PR yang halus, tidak menjual, lebih mudah masuk ke media sosial. Maka, setiap strategi media sosial perlu melibatkan bagian PR.

4. Human Resource

Karena sifatnya yang personal, media sosial akhirnya digunakan oleh karyawan. Bagian SDM perlu dilibatkan dalam strategi social media marketing untuk menjaga agar seluruh karyawan perusahaan bisa menjadi duta perusahaan di media sosial.

Saya beberapa kali menemukan suara karyawan perusahaan besar yang berbeda dengan suara perusahaan di media sosial. Jika dibiarkan, fenomena seperti ini akan merusak kampanye di media sosial.

5. Information Technology

Social media marketing tidak hanya berjalan di media yang stabil dan terpercaya seperti Facebook dan Twitter. Seringkali, perusahaan/merek membuat sendiri situs web sebagai landing page kampanye online. Biasanya, jika situs web-nya berupa kompetisi, para peserta akan berusaha keras “mengakali” sistem agar bisa menjadi pemenang. Ini tantangan besar buat tim IT.

6. Social Media Enthusiast

Meski sudah melibatkan 1-5, strategi perusahaan di media sosial kurang berhasil jika tidak melibatkan karyawan yang memang sudah benar-benar hidup di media sosial. Komponen 1-5 itu mungkin tahu dan paham media sosial. Namun hanya social media enthusias yang paham betul lika-liku media sosial.

Dengan menggabungkan enam komponen tersebut, beberapa perusahaan terbukti mampu membangun strategi jitu di media sosial, sekaligus mampu mengeksekusinya dengan baik.

Pantau dan ikuti terus jurusblogger untuk tips dan trik blogging dan digital marketing yang lainnya.

Ilyas Seorang pemuda yang menyukai dunia blogging, dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *