Ilyas Seorang pemuda yang menyukai dunia blogging, dan internet marketing.

Cara Menemukan Ide Untuk Menulis Artikel di Blog

3 min read

ide menulis artikel di blog

Konten atau yang sering kita kenal sebagai Artikel dalam proses pembuatannya sering terjadi ketidak-sinkronan antara paragraf pertama dan kedua, ini menyebabkan banyaknya kata atau kalimat tidak terfokus pada kata kunci utama.  

Artikel yang benar memiliki kekuatan sekalipun hanya sebuah ulasan sedikit tapi berakibat besar terhadap terbentuknya kekuatan kunci yang membuat google menempatkan keyword tersebut menjadikan bagian dari artikel bermutu.

Menulis artikel tentu sulit jika tidak terbiasa, dengan membiasakan latihan rutin mencoba maka hasilnya menjadi lebih natural layak dibaca semua cara menulis yang bagus, ini artinya tidak menutup kemungkinan muncul penulis baru dalam dunia jurnalis blogger.

Cara menulis agar page one

Prioritas utama dalam pencarian mesin Google adalah Konten, dengan konten google mengenali artikel tersebut, dengan gaya tulisan anda maka mesin SERP mengenali website mana yang sering update.

Ini menunjukan bahwa kekuatan kata kunci dari sebuah artikel menentukan hasil pencarian.

Mari kita mulai membahas bagaimana memulai proses pembuatan konten dengan target yang benar berkualitas.  

Aturan menulis sebenarnya tidak banyak, akan tetapi ketika menulis dengan mentargetkan kunci utama maka harus benar benar dipikirkan setiap kata, kalimat hingga enak dibaca pengunjung website dan berpengaruh terhadap search engine Google.   

Apa saja Artikel disukai google? dibawah ini cara atau cara menulis yang bagus menurut pengalaman saya sebagai penulis baru didunia per bloggeran.   

Tutorial sudah banyak diulas tentang bagaimana menulis yang disukai mesin penelusuran Google, kini saatnya anda belajar improvisasi memberikan pengalamanmu pada pembaca.

Baca Juga : Teknik SEO Off Page Mencari Backlink Berkualitas

Apa saja cara membuat artikel memiliki daya tarik google, berikut ini adalah cara saya menulis.

Trik Menulis Artikel

  1. Buatlah konsep atau catatan kecil beberapa kata unggulan atau digunakan sebagai kunci, persiapkan ide apapun yang ada dipikiran anda memulailah menulis artikel.
  2. Untuk membentuk sebuah kalimat keyword long tail, persiapkan susunan kata seperti ini Contoh : Kata kunci misal : (Jasa Service AC Surabaya) terdiri dari 4 kata merupakan kalimat utama target. Ketika anda menuliskan artikel, jangan sesekali mengulang setiap kata tersebut berkali kali, itu berakibat menurunnya kekuatan keyword.
  3. Jika menggunaka kalimat atau keyword longtail, harus anda lakukan adalah hanya mengulang keyword longtail tersebut di 2 tempat berbeda jangan lebih.
  4. Minimal konten adalah 300 kata, pengulangan kalimat hanya di dua tempat, pertama pada awal kalimat dan kedua bebas.
  5. Jika artikel menlebihi 300 kata, dibawah 500, maka tambahkan keyword target utama hanya sekali saja.
  6. Setiap paragraf terdiri dari 150 minimal, gunakan kata transisi agar hubungan antar paragraf tidak terputus atau diluar konteks, Contoh kata transisi ( dan,lagi,lalu,serta,lagi pula,bahkan,kemudian,seterusnya, selanjutnya. )
  7. Periksa kembali pengulangan kata, dengan banyaknya pengulangan kata maka artikel menjadi tidak enak dibaca. Untuk memeriksa gunakan Control F dan tulis kalimat yang anda cari, pastikan dibawah 10%, saya tidak membenarkan analisa saya tetapi beberapa orang menilainya 20% maksimal.
  8. Pastikan target keyword tersebut terdapat pada Title dan deskripsi, jika bisa jangan mengulang kata di deskripsi, hanya ulang judul.

Jadi cara menulis yang bagus berkualitas dapat kita tercipta dengan 8 cara diatas, tapi jangan lupa sebelum posting ulangi kembali membaca artikel sampai benar enak dibaca.

Teliti sebelum memposting, periksa kembali dan baca berulang hingga susunan kalimat tidak membingungkan.

Berikut ini saya berikan beberapa situs yang bisa kamu jadikan referensi untuk mencari ide, sebelum menulis artikel.

Google Question Hub

Jika kamu bingung ingin menulis apa, coba kamu kunjungi Google Question Hub dan temukan inspirasi mu disana.

Google Question Hub adalah salah satu layanan dari Google yang berisi pertanyaan pertanyaan dari para visitor yang belum menemukan jawaban memuaskan dari artikel yang tersedia.

Sebagai contoh saja, website mu mengambil niche pendidikan, maka tinggal cari saja pertanyaan yang sering ditanyakan para visitor di Google Question Hub, lebih jelas nya lihat gambar di bawah.

pertanyaan google question hub

Format penilaian Seni Tari bisa kamu gunakan untuk tema menulis artikel terbaru mu, dan nantinya URL artikel mu bisa kamu kirimkan di Google Question Hub.

Layanan ini jarang di gunakan oleh para blogger, mereka masih berpatokan pada tool riset keyword seperti ahrefs, neil pattel, semrush, moz, dan yang lain.

Padahal kalau kamu bisa memanfaatkan fitur ini tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapat lonjakan visitor.

Saya juga terkadang menggunakan fitur ini untuk mengambil tema artikel terbaru saya.

Answer The Public

Dari nama nya saja harusnya kita sudah tahu, kalau situs Answer The Public ini merupakan situs yang berisi pertanyaan yang sering di tanyakan public.

Situs ini juga bisa kamu gunakan sebagai tool riset keyword alternatif, karena saat ini Answer The Public masih bisa di gunakan secara gratis.

Saya sudah cukup lama menggunakan situs ini sebagai alternatif untuk menemukan ide tulisan yang akan saya post di blog ini.

Judul artikel ini saja saya dapatkan dari Answer The Public, kalau kamu tidak percaya silahkan cek sendiri.

tool answer the public

Untuk artikel ini saya menuliskan kata kunci ide menulis, yang kemudian saya gabungkan kata kunci – kata kunci yang ada.

Kata kunci yang pertama adalah ide menulis artikel.

Sedangkan, kata kunci yang kedua yaitu ide menulis blog.

Dari dua kata kunci tersebut saya gabungkan menjadi satu, dan jadilah judul artikel ini Cara Menemukan Ide Untuk Menulis Artikel di Blog.

Sederhana bukan?

Terakhir jika ada yang ingin ditanyakan atau pun kamu punya opini yang berbeda dari saya, silahkan tulis di kolom komentar dan kita diskusikan bersama.

Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Ilyas Seorang pemuda yang menyukai dunia blogging, dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *