Ilyas Seorang pemuda yang menyukai dunia blogging, dan internet marketing.

10 Faktor Yang Mempengaruhi Penghasilan Google Adsense

2 min read

Faktor Google Adsense

JurusBlogger.com – Google Adsense merupakan tempat para blogger meraup dollar yang cukup besar hanya dengan bermodalkan blog.

Tidak sedikit orang yang beralih profesi menjadi full time blogger untuk menekuni Google Adsense ini.

Tentu saja untuk bisa mengandalkan Google Adsense sebagai penghasilan utama, kamu harus mempunyai blog dengan jumlah pengunjung dan page view yang tinggi.

Banyak juga yang bermodalkan 1 akun Adsense tetapi mempunyai banyak blog, ini dilakukan agar bisa mendapatkan bayaran / payout dari Adsense.

Adsense sendiri akan mencairkan saldo apabila saldo yang ada di akun kita melebihi ambang batas pembayaran, yaitu sekitar Rp 1.400.000.

Faktor Yang Mempengaruhi Penghasilan Google Adsense

Potensi pendapatan adsense bisa dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini :

1. Bahasa Yang di Gunakan

Bahasa juga penentu tinggi rendahnya penghasilan blog kita. Untuk memperoleh CPC yang tinggi, bahasa yang digunakan lebih baik adalah bahasa inggris.

Alasannya sederhana, yaitu target pengunjung, karena perhitungan komisi klik iklan akan menyesuaikan dengan asal pengunjung tersebut.

Iklan yang dipasang oleh advertiser luar negeri akan memiliki CPC yang tinggi, menyesuaikan dengan mata uang mereka, sedangkan nilai tukar di Indonesia terhadap dollar masih tinggi.

2. Jumlah Pengunjung / Visitor

Jumlah pengunjung tentu akan berbanding lurus dengan potensi klik yang akan terjadi. Pengunjung makin banyak maka peluang klik akan semakin besar pula.

Untuk itu optimasi blog perlu dilakukan supaya blog mampu menjaring pengunjung dari berbagai sumber ( Google, sosial media, dll )

3. Jenis Pengunjung

Pengunjung organik ( berasal dari pencarian Google ) perlu diprioritaskan karena sangat berpengaruh pada nilai CPC juga.

Nilai klik yang dilakukan oleh pengunjung yang organik akan lebih besar daripada pengunjung yang berasal dari sumber lainnya.

Untuk meningkatkan pengunjung organik kita perlu melakukan optimasi SEO onpage maupun off page.

4. Tema Blog

Konten blog juga berpengaruh pada nilai CPC Google Adsense. Google sendiri merahasiakan tema apa saja yang memiliki nilai CPC tertinggi, namun kita bisa melakukan riset dari berbagai referensi untuk menentukantema blog yang kemungkinan memiliki CPC cukup tinggi

5. Ekstensi Domain

Google lebih mengutamakan domain yang toplevel domain, namun bukan berarti melihat sebelah mata domain .blogspot Saran dari beberapa blogger memang demikian, bila memiliki sedikit modal maka langsung saja beralih ke TLD sehingga pendapatan bisa lebih tinggi.

6. Bounce Rate

Bounce rate merupakan lamanya waktu pengunjung berada di blog kamu. Semakin lama pengunjung di blogmu, maka akan semakin kecil bounce out rate nya dan nilai CPC juga berangsur meningkat.

Baca Juga : Panduan Lengkap Google Adsense Untuk Pemula

Kita harus mendapatkan bounce out rate sekecil mungkin, caranya adalah dengan membuat konten yang berkualitas, original dan bermanfaat.

7. Lokasi Penempatan Iklan

Penempatan iklan Google Adsense memiliki pengaruh, yaitu terhadap peluang terjadinya klik.

Iklan harus kita tempatkan pada lokasi yang banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung. Sehingga kemungkinan terjadinya klik akan besar.

8. Jumlah Dan Jenis Iklan Dalam Satu Halaman

Google Adsense hanya mengijinkan maksimal 3 slot dalam satu halaman. Semakin banyak iklan yang dipasang, memang akan semakin besar peluang terjadinya klik namun CPC akan menjadi mengecil.

Jadi bijaklah dalam memasang iklan pada blog, bila kamu memiliki pengunjung yang tinggi disarankan jangan terlalu banyak, cukup 2-3 slot saja.

Untuk jenis iklan sebaiknya yang memiliki gambar dan memiliki ukuran 300x….. karena ukuran tersebut adalah ukuran yang paling diminati para advertiser tentunya CPC yang diberikan juga akan lebih tinggi.

9. Loading Blog

Dalam dunia SEO, kecepatan loading blog sangat diperhitungkan, makin cepat blog diakses maka peluang ditemukannya oleh search engine juga semakin baik.

Tidak hanya search engine, visitors juga menyukai loading blog yang cepat dan iklan Adsense juga akan lebih cepat muncul jika blog memiliki loading cepat. Sehingga peluang terjadinya klik akan sangat tinggi.

10. Keyword dan Kualitas Artikel

Untuk mendapatkan iklan yang memiliki CPC yang tinggi kita perlu membuat artikel yang lengkap, informatif, berkualitas namun ringan. Selain itu beri kata kunci yang cukup banyak pada artikel.

Alasannya iklan Google Adsense akan beradaptasi dengan jumlah kata kunci yang ada pada isi artikel, semakin banyak dan beragam maka iklan dengan cpc tinggi pun akan memiliki peluang besar untuk muncul.

Demikian ulasan mengenai 10 faktor yang mempengaruhi penghasilan Google Adsense.

Ilyas Seorang pemuda yang menyukai dunia blogging, dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *